Demokrat Tidak Yakin Jokowi jadi Presiden

max sopacua

Max Sopacua

PARTAI Demokrat menegaskan ketidakyakinannya atas kemungkinan Joko Widodo (Jokowi) menjadi presiden ke 7 negara ini. Sebab untuk bisa menjadi presiden di republik ini ada mekanis formal yang harus ditempuh, dan Jokowi belum melaluinya apalagi lolos dari hal itu. “Saya tidak jamin presidennya akan Jokowi. Jokowi itu baru di atas kertas, di koran, di media massa,” kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua saat dihubungi wartawan, Selasa, (18/3).

Menurut Max pula, hiruk pikuk dukungan yang dipublikasikan sejumlah lembaga survey belakangan ini belum bisa dibuktikan secara hukum formal. Sebab, hingga saat ini lembaga survey yang mengelu-elukan Jokowi sebagai calon presiden tertinggi dukungannya tidak mau membeberkan data responden mereka secara transparan kepada publik. “Bisa saja respondennya itu cuma 15-20 orang di satu organisasi,” lanjut Max.

Demikian pula terkait perbincangan beberapa kelompok yang mengincar posisi pendamping bagi Jokowidodo. Dengan tegas Max mengatakan bahwa Demokrat bukanlah seperti partai politik lainnya yang berusaha menjilat agar dipinang oleh PDIP. Menurut Max, seluruh peserta konvensi yang selama ini ada dipersiapkan untuk menjadi pemimpin bukan sebatas wakil calon presiden lain termasuk Jokowi. “Kita masih partai besar, kita partai besar. Konvensi ini bukan untuk mencari cawapres,” tegas Max.

Demikian pula terkait kemungkinan partainya tidak lagi memimpin pemerintahan periode berikutnya. Max mengaku pihaknya akan mendukung pemerintahan berikut jika tetap pada koridor yang telah ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini. “SBY sudah melakukan sesuatu yang luar biasa untuk bangsa ini dan Demokrat ingin mendukung pemerintah selanjutnya untuk menindaklanjuti itu dan membenahi yang belum selesai,” sambung Max.

Sebaliknya, jika pemerintahan periode berikutnya justeru melakukan kebijakan yang bertentangan, Max tegas-tegas mengaku pihaknya akan menjadi oposisi dan siap mengkritisi. “Tapi kalau pemimpin selanjutnya mau mengubah total, kita siap di luar,” ucap Max.

Tentang komposisi pelaksana pemerintahan periode berikutnya, Max juga yakin seluruh partai politik saat ini masih menunggu hasil pemilihan anggota legislatif yang rencana pemungutan suaranya diselenggarakan pada  9 April 2014 ini. Hasil itulah yang nantinya, diyakini Max, akan menjadi patron komposisi perpolitikan di tanah air ini. “PDIP dan yang lain pasti menunggu hasil pileg,” tuturnya.   (cr7)

Comments

comments