Mahasiswa PTIK Perbaiki Citra Polri

Logo-Polri

MAHASISWA Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) mengaku tidak ingin citra Polri terus mengalami kemunduran. Untuk itu berbagai cara telah mereka lakukan, salah satunya adalah menjaring harapan masyarakat melalui Festival Film Polisi. “Harapannya ada masukkan dari masyarakat seperti apa sosok Polisi yang diinginkan,” kata Mahasiswa PTIK, Hasby Ristama di Jakarta, Senin, (17/3).

Dalam kesempatan itu Hasby mengatakan pula bahwa pihaknya berharap film-film yang dihasilkan benar-benar berisi aktivitas anggota Polri sebenarnya. Dengan tampilan sosok polisi yang sebenarnya, diharapkan bisa dijadikan sebagai acuan untuk menjadikan figur penegak hukum idaman masyarakat. “Kita akan menerima film-film yang sebenarnya, tidak ditutup-tutupi,” lanjut Hasby.

Diakui Hasby bahwa selama ini masyarakat di tanah air cendrung tidak percaya secara optimal kepada Polri. Kondisi seperti itu tentunya bukanlah sesuatu yang baik untuk dibiarkan begitu saja. Menurut Mahasiswa PTIK angkatan 64 ini, semua pihak termasuk dirinya harus merasa bertanggungjawab untuk menjadikan Polri yang benar-benar dicintai oleh masyarakat. “Selama ini kan masyarakat cenderung tidak percaya kepada polisi,” ujar Hasby.

Dengan penayangan film-film pada festival tersebut diharapkan bisa merubah pola fikir masyarakat dari yang tadinya miring terhadap Polri menjadi lebih baik. “Harapannya bisa merubah mainset terhadap polisi. Isi film-nya bia berupa polisi yang sedang bertugas, atau hal-hal lain terkait kehadiran polisi di tengah masyarakat, maupun hal-hal yang bisa menimbulkan inspirasi bagi semua pihak,” katanya.

Sementara itu Dosen PTIK, Yundini Erwin berharap festival film tersebut bisa menghadirkan film-film yang berguna bagi seluruh anggota Polri. Sebab, hingga saat ini Yundini yakin masih banyak Anggota Polri yang berdedikasi tinggi dan mempunyai integritas baik. “Siapa tahu ada kegiatan polisi yang bisa menimbulkan percontohan bagi rekan lainnya. Sebab masih banyak polisi yang baik,” kata Yundini.

Yundini juga mengatakan bahwa penyelenggaraan festival tersebut murni inisiatif dari masiswa PTIK. Menurut Yundini, seluruh generasi penerus Polri yang sedang menempuh jenjang pendidikan itu harus mendapatkan perhatian khusus agar nantinya bisa menjadi pimpinan berintegritas tinggi sesuai harapan masyarakat. “Mereka-mereka ini kan tunas-tunas muda yang harus kita kuatkan. Bagian tugas dari kita semua, baik pendidik, wartawan untuk menguatkan mereka ini. Mereka ini ada kok yang berkeinginan untuk menjadi polisi yang baik,” ujar Yundini.   (cr7)

Comments

comments