Perbaiki Irigasi Pemerintah Alokasikan Rp 2 T

Irigasi

Pemerintah Alokasikan Rp 2T Perbaiki Irigasi

PEMERINTAH melalui Kabinet Kerja mengalokasikan dana sekitar Rp 2 triliun untuk memperbaiki saluran irigasi di tanah air. Hal ini diharapkan bisa menjadi solusi terhadap berbagai persoalan air bagi petani. “Kita persiapkan hampir 2 triliun,” kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di kantornya, Jumat, (14/11).

Irigasi yang akan mendapatkan perbaikan dari dana tersebut menurut Amran akan diberikan pada 16 provinsi. Meski tidak tidak seluruh provinsi ada, Amran tetap yakin alokasi dana tersebut bisa dirasakan oleh seluruh wilayah di tanah air. “Memang hanya 16 provinsi, tapi semua bisa tersentuh,” ujar Amran.

Meski demikian, Amran mengakui bahwa perbaikan tersebut tidak bisa langsung membuahkan hasil berupa peningkatan produktivitas hasil pertanian. Sebab, untuk memperbaiki irigasi pada lokasi tersebut dibutuhkan waktu satu tahun. “Ya tidak bisa langsung, paling tidak satu tahun,” ucap Amran.

Pada wilayah-wilayah yang mendapat perbaikan irigasi tersebut, Amran juga berharap bisa dilakukan penanaman komoditas selain padi. Sehingga, pencapaian peningkatan komoditas selain padi bisa terlaksana. “Kita berharapnya bisa juga ditanami seperti kedelai,” kata Amran.   (cr7).

Comments

comments