Kepastian Solar Subsidi bagi Nelayan Harus Ada

Sejumlah nelayan antre BBM hingga ke jalan di sebuah stasiun pengisian bahan bakar disel  nelayan (SPBDN) di Prigi , Trenggalek, Jawa Timur, Jumat (4/4).

Nelayan Butuh Subsidi Solar (energitoday.com).

WAKIL Ketua Komisi VI DPR RI, E Herman Khaeron menegaskan harus adanya kepastian atas subsidi solar bagi para nelayan. Sebab, jika harga minyak dunia kembali melambung seperti waktu-waktu terdahulu, nelayan di republik ini akan sangat berat menanggungnya. “Tidak ada persoalan untuk saat ini karena harga minyak dunia sedang turun. Tapi jika harga minyak dunia kembali melambung seperi sebelumnya, itu yang menjadikan kepastian subisidi harus ada,” tegas Herman di kantornya, Senin, (26/1).

Dijelaskan Herman bahwa, tingginya harga solar merupakan mimpi buruk bagi nelayan dalam setiap tidurnya. Sebab, sebagian besar modal kerja nelaya untuk pergi menangkap ikan di laut adalah solar itu sendiri. “Harus ada kepastian harga itu kedepannya untuk nelayan. Nelaya  harus diberi subsidi. Karena kalau tidak ada kepastian itu, maka akan sangat memberatkan nelayan untuk berproduksi. Bagaimana mungkin nelayan bisa melaut kalau harga solar sangat tinggi,” tegas Herman.

Untuk itu Herman mengaku akan terus menyuarakan hal tersebut hingga keluarnya kepastian itu sendiri. Diharapkannya pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mau peduli dengan keluh-kesah nelayan yang juga sebagai pemilih saat pemilihan presiden lalu. “DPR, kami akan terus menyuarakan hal itu sampai pemerintah betul-betul mengakomodasi kepentingan nelayan,” ujar Herman.   {007}.

Comments

comments