Kesejahteraan Manggala Agini Layak Ditingkatkan

SN Manggala Agni Kalbar

Menteri LHK, Siti Nurbaya harap kesejahteraan Manggala Agni bisa ditingkatkan (foto: humas Kementerian LHK)

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menilai kesejahteraan anggota Manggala Agni di seluruh tanah air sudah waktunya untuk ditingkatkan. Sebab, pada pundak merekalah pemerintah berharap besar agar kebakaran hutan maupun lahan tidak terjadi lagi kedepannya. “Kita berharap agar kesejahteraan para anggota Manggal Agni bisa lebih ditingkatkan,” kata Siti Nurbaya dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (21/1).

Apalagi, lanjut Siti Nurbaya, saat ini anggota Manggala Agni masih banyak yang statusnya dalam bekerja hanya sebatas kontrak. Mengingat beratnya tugas dan tanggungjawab masing-masing anggota, tentu sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memperhatikan nasib mereka. “Saat ini ada sekitar 2000 orang Manggala Agni yang keseluruhannya berstatus tenaga kontrak,” lanjut Siti Nurbaya.

Terkait Provinsi Kalimantan Barat yang berpotensi mengalami kebakaran hutan maupun lahan, saat ini telah disiagakan belasan regu Manggala Agni. Keberadaan mereka diharapkan bisa membantu pemerintah untuk mencegah bahkan memadamkan api jika kebakaran terjadi di provinsi itu.

“Untuk Kalbar ada 17 regu dengan 255 personil Manggala Agni. Mereka dilengkapi dengan peralatan pemadam yang memadai untuk pengendalian kebakaran. Khusus untuk Daops Pontianak, terdapat 4 regu dengan jumlah personil 60 orang.  Wilayah kerja Manggala Agni Daops Pontianak meliputi Kabupaten dan Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Landak,” sambung Siti Nurbaya.

Tidak hanya itu, kata Siti Nurbaya lagi, pemerintah juga telah menyiagakan 50 orang Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC), Polisi Kehutanan 20 orang dan 11 orang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) serta 488 orang warga masyarakat yang peduli terhadap ancaman api. “Semua harus punya niat dan komitmen, jadi upaya pencegahan kebakaran benar-benar dilakukan serius, bukan basa-basi,” tegas Siti Nurbaya.   {007).

Comments

comments