Anggaran Parfum Ruang DPR Naik 100%

Pewangi Ruangan

Alat Pewangi Ruangan (www.rudydewanto.com).

DIREKTUR Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa Sekertariat Jenderal (Setjen) DPR RI telah menaikkan anggaran pewangi ruangan untuk tahun 2015 ini sebesar 100 persen. Artinya untuk tahun ini penggunaan uang rakyat untuk membeli barang tersebut membengkak dua kali lipat dibanding tahun lalu.

“Sangat hebat ini, hanya untuk pewangi ruangan saja, DPR mengalokasi anggaran sebesar Rp.2.298.626.000 untuk tahun 2015. Padahal, Pada tahun 2014, pewangi ruangan  baru sebesar Rp.1.071.272.000,” kata Uchok dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa, (14/4).

Kuat dugaan, Setjen DPR RI  sedang menikmati “harumnya” aroma pewangi ruangan tersebut dari beberapa tahun terakhir. Sebab, anggaran untuk pengadaan pewangi ruangan pada tahun 2003 hanya setengah dari tahun 2014 saja. “Tahun 2013, pewangi ruangan sebesar Rp.553.248.000. Jadi. Rata rata kenaikan pewangi ruangan DPR sekitar 50 persen pertahun,” lanjut Uchok.

Dalam kesempatan itu Uchok menilai penggunaan uang rakyat untuk pengadaan pewangi ruangan bukanlah sesuatu yang mendesak apalagi sangat mendesak. Sebab tanpa pewangi pun, ruangan yang dipergunakan oleh anggota DPR RI sudah wangi. Hal tersebut disebabkan hampir seluruh anggota dewan beraroma wangi saat mendatangi kantornya masing-masing. “Bukan sebuah kebutuhan, hanya untuk mencari keuntungan semata,atau menambah penghasilan tambahan selain dari gaji,” ujar Uchok.

“Karena peningkatan anggaran rata rata sebesar 50 persen, sangat mustahil dicerna akal sehat, karena ruangan anggota dewan tidak bertambah banyak, kok harga pewangi bisa naik sih,” sambung Uchok.   {007}.

Comments

comments