BUMN Harus Capai Target

BUMN

Kementerian BUMN.

BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) yang baru saja merombak pucuk-pucuk pimpinannya harus membuktikan mampu mencapai target. Jika tidak, artinya keberadaan pucuk-pucuk pimpinan yang merupakan “titipan” politis tersebut tidak berguna.

“Yang terpenting adalah target untuk mendapatkan devisa negara dari bumn itu tercapai atau tidak, terpenuhi atau tidak,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Sartono di DPR RI, Selasa, (7/4).

Menurut Sartono, untuk memberi jaminan pencapaian target tersebut, penempatan pucuk pimpinan di BUMN haruslah didasarkan kepada kemampuan pada bidangnya masing-masing. Jika seseorang berlatang belakang A diberi tugas mengurusi BUMN bidang X, tentu akan menimbulkan persoalan ketika dikaitkan dengan target itu tadi. “Punya kecapakan enggak yang bersangkutan itu jadi pimpinan bumn,” lanjut Sartono.

Seperti diketahui Kementerian BUMN telah mengganti sejumlah pucuk-pucuk pimpinan pada unit-unit usahanya. Tidak hanya level komisaris, jajaran direksi dari sejumlah bumn juga mengalami perombakan secara signifikan. Sebagai contoh, saat ini komisaris utama bumn di bidang infrastuktur dijabat oleh orang yang selama ini mengurusi hukum tata negara.   {007}.

Comments

comments