Marzuki Hanya Pemanis Kongres Demokrat

Dewi Haroen

Dewi Haroen.

PAKAR Ilmu Komunikasi Politik Universitas Indonesia, Dewi Haroen mengatakan bahwa rencana majunya Marzuki Alie dalam bursa pencalonan ketua umum Partai Demokrat bukanlah sesuatu yang perlu mendapat perhatian serius. Sebab keberadaan Marzuki Alie dapat diibaratakan seperti pelengkap semata. “Pak Marzuki Alie maju hanya sebagai pemanis,” kata Dewi saat dihubungi, Rabu, (22/4) pagi.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, lanjut Dewi, masyarakat terutama yang fokus pada perkembangan perpolitikan dalam negeri sudah bisa menerka siapa calon ketua umum terpilih nantinya. Sebab pengaruh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini bagi Partai Demokrat belum bisa ditandingi oleh para kader yang ada. “SBY memang sebagai perekat partai, sebagai pemersatu partai. Pasti Pak SBY yang akan aklamasi didukung oleh kadernya,” lanjut Dewi.

Apalagi, sambung Dewi, kondisi perpolitikan republik ini belakangan memang membutuhkan sosok pemimpin yang benar-benar mempunyai pengalaman agar tidak mengalami nasib seperti Partai Golkar maupun PPP. “Ya kan bisa dilihat sendiri seperti apa jadinya Golkar maupun PPP,” jelas Dewi.

Meski demikian Dewi tidak memungkiri kemungkinan adanya rencana dibalik majunya Marzuki Alie sebagai salah satu calon ketua umum partai pemenang pemilu 2009 lalu itu. Dengan majunya Marzuki Alie, Dewi menilai, publik seolah-olah disuguhkan “permainan” yang relatif berimbang. “Agar terlihat lebih demokratis saja. Kadang-kadang masyarakat kita ini suka dengan “sinetron”,” ungkap Dewi.   {007}.

Comments

comments