Mustofa Terancam Dipecat

Guntur Sasono

Guntur Sasono

ANGGOTA Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Guntur Sasono mengatakan bahwa Anggota Komisi VII DPR RI, Mustofa Assegaf terancam sanksi terberat dari institusi berupa pemecatan. Hal tersebut diduga lantaran Mustofa telah melakukan pemukulan terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi. “Sanksi terberatnya bisa sampai dipecata,” kata Guntur  saat dihubungi, Selasa, (14/4).

Untuk mencapai putusan tersebut, lanjut Guntur, pihaknya masih dalam proses menentukan waktu sidang awal terlebih dahulu. Sebab, tidak mungkin suatu putusan dihasilkan tanpa diawali dengan sidang awal. “Sekarang kita masih atur waktu untuk sidangnya,” lanjut Guntur.

Guntur juga menegaskan bahwa pihaknya merasa perlu mendengar keterangan dari kedua belah pihak yang bersiteru. Sebab, langkah tersebut merupakan bagian dari standar operasi MKD dalam menyikapi suatu pelanggaran etika anggota dewan. “Untuk menyangkut hal-hal yang prinsip, kita perlu mendengar argumentasi dari kedua belah pihak,” ujar Guntur.

Meski demikian Guntur mengaku masih tersisa ruang bagi kedua belah pihak untuk mempertimbangkan jalan perdamaian. Dan Guntur pun tidak menampik kemungkinan kasus tersebut bisa selesai jika keduanya berdamai. “Sejauh mana mereka akan berkoordinasi antar fraksi untuk saling memaafkan, dan itupun kan sesuai dengan ajaran agama mereka masing-masing,” ungkap Guntur.

Guntur menambahkan bahwa aksi pemukulan yang dilakukan Mustofa Assegaf terhadap Mulyadi merupakan kasus pertama sepanjang sejarah eksistensi parlemen di republik ini. Parlemen periode-periode sebelumnya belum pernah ada kasus pemukulan serupa. “Belum, belum pernah terjadi, ini yang pertama,” kata Guntur.   {007}.

Comments

comments