75 % RKP-APB Desa 2015 Hasil Jiplakan

Infrasturkur Pedesaan

75 % RKP-APB Desa Hasil Jiplakan

WAKIL Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy mengatakan bahwa 75 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sertai Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2015 merupakan hasil duplikasi alias menjiplak. Kondisi itu tentu bukan sesuatu yang menggembirakan dalam kerangka penggunaan uang rakyat berbasis transparansi. “Kami temukan sebuah masalah, semacam ruang kosong di perencanaan. 75 persen APBDes dan RKPDes itu hasil copy paste,” kata Lukman Edy dalam sebuah diskusi di MPR RI, Senin, (4/5).

Fakta tersebut, lanjut Lukman, tentu menjadi bukti bagi semua pihak bahwa revolusi dalam bidang perencanaan pembangunan, sekalipun hanya tingkat desa, tidak terwujud di tahun 2015 ini. Diharapkannya hal tersebut hanya terjadi untuk tahun ini saja dan tidak terulang pada waktu mendatang. “Revolusi perencanaan belum terpenuhi. Tahun pertama tahun transisi. Tahun depan harus diperbaiki,” lanjut Lukman.

RKP-APB Desa jiplakan itu telah berujung pada besarnya persiapan administratif agar dana desa bisa dicairkan. Ternyata pula, kesiapan administratif tersebut merupakan hasil pembinaan yang dilakukan program PNPM pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “85 persen sudah setor APBDes-RKPDes, dan memang benar tidak terbantahkan. Ternyata sudah selesai hasil pembinaan PNPM,” jelas Lukman.   {007}.

Comments

comments