Adrianus: Penahanan Novel Bukan Pilihan

Adrianus Meliala

Adrianus Meliala.

KOMISIONER Kompolnas, Adrianus Meliala mengatakan bahwa penahanan yang dilakukan Polri terhadap Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan bukanlah sebuah pilihan. Perintah hukum adalah dasar yang menjadi sebab penahanan tersebut dilakukan. “Penahanan bukan pilihan bagi Polri, tetapi dilihat dari sisi hukum. Ini bukan soal dari Kepolisian,” kata Adrianus dalam sebuah dialog di Jakarta, Sabtu, (2/5).

Hal tersebut disampaikan Adrianus menyikapi munculnya permintaan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) agar Polri mempertimbangkan pembebasan Novel beberapa waktu lalu. Jokowi menyampaikan permintan tersebut, diyakini banyak pihak lantaran derasnya desakan publik agar orang nomor satu di republik ini menengahinya.

Dalam kesempatan itu Adrianus juga menghimbau agar Polri bersikap ekstra hati-hati dalam menangani kasus Novel tersebut. Sebab, bukan tidak mungkin, desakan demi desakan akan terus dialamatkan ke Polri, padahal proses hukum bukanlah sesuatu yang baru di republik ini. “Polri juga harus hati-hati, ini berpotensi membuat polri akan terkena imbasnya,” ujar Adrianus.   {007}.

Comments

comments