Dubes RI: Myanmar Tidak Ada Konflik

Ito Sumardi1

Ito Sumardi.

DUTA Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi mengatakan bahwa negara Myanmar saat ini benar-benar dalam kondisi tenang. Sehingga, tudingan adanya konflik antar agama yang digembor-gemborkan kelompok tertentu tidaklah beralasan. “Di sana tidak ada konflik, tenang-tenang saja,” kata Ito saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu, (26/5).

Terkait pengungsi Rohingya yang datang ke Indonesia, lanjut Ito, hal tersebut lebih disebabkan kenyamanan dalam menjalani kehidupan. Sebab, di Myanmar, etnis Rohingya tidak memiliki status kewarganegaraan. “Karena mereka itu stateless, sehingga pemerintah Myanmar tidak memberikan seperti yang mereka harapkan,” lanjut Ito.

Ito juga mengatakan bahwa selama ini etnis Rohingya yang ada di Myanmar mengandalkan bantuan dari negara-negara asing untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, Ito juga mengatakan bahwa etnis tersebut tidak melakukan aktifitas yang produktif agar mampu hidup mandiri. “Selama ini mereka hidup dari bantuan PBB, dari UN, dengan dari beberapa negara OKI. Mereka tidak melakukan aktifitas apa-apa disana,” jelas Ito.   {007}.

Comments

comments