Kedaulatan Pangannya Jokowi Bisa Gagal Neh…….

Sutarto Alimoeso

Sutarto Alimoeso.

MANTAN Direktur Utama Badan Urusan Logisktik (Bulog), Sutarto Alimoeso mengatakan bahwa semakin lama penyelesaian kasus beras plastik akan berdampak pada gagalnya program kedaulatan pangan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). “Secara nasional ini merugikan usaha pemerintah untuk berdaulat pangan kalau tidak segera diselesaikan,” kata Sutarto saat dihubungi, Senin, (25/5).

Jika warga republik ini menjadi terpaksa memakan makanan berbahan baku impor, lanjut Sutarto, itu sama saja dengan bangsa ini tidak bisa berdaulat, setidaknya dari bahan pangan pokoknya. “Ini berbahaya, kapan kita bisa berdaulat pangan. Tidak mungkin kita bergantung pada makanan yang berbahan baku utama impor. Dampak nasionalnya luar biasa ini kalau tidak segera diselesaikan,” lanjut Sutarto.

Kalaupun ada rencana pihak-pihak tertentu untuk mengurani konsumsi beras masyarakat, jelas Sutarto, pemerintah harus terlebih dahulu menyediakan makanan pokok pengganti yang berasal dari dalam negeri. “Secara pribadi saya sependapat kita tidak mengkonsumsi beras dalam jumlah yang terlalu tinggi. Tapi substitusinya harus produksi dalam negeri, seperti ubi jalar, ubi kayu, sukun, talas dan lainnya. Yang kita bisa produksi. Karena menurut saya melihat salah satu faktor berdaulat pangan adalah kita berhasil melakukan diversifikasi pangan non beras tapi yang produk lokal,” jelas Sutarto.   {007}.

Comments

comments