Ada Mafia Dibalik Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Jazuli Juwaini

Jazuli Juwaini.

KETUA Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan bahwa ada kelompok tertentu yang mengambil untung dengan munculnya asap di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan. “Ini jelas ada mafia asap yang sengaja membakar lahan untuk keuntungan ekonomi,” kata Jazuli di DPR RI, Selasa, (15/9).

Untuk itu, tegas Jazuli, mendesak agar aparat keamanan di republik ini berani menindak tegas otak pembakaran terhadap hutan maupun lahan di seluruh penjuru republik ini. Sebab, jika dibiarkan hal tersebut akan semakin massif dan tidak terkendali. “Aparat harus menindak tegas dengan semua bentuk ancaman hukuman. Bukan hanya pidana, tapi juga perdata dan pencabutan izin,” tegas Jazuli.

Dalam kesempatan itu Jazuli juga mengatakan bahwa perusahaan yang mendapat izin pengelolaan harus bertanggungjawab atas terjadinya kebakaran. Dengan cara itu, Jazuli yakin hutan maupun lahan di republik ini akan terbebas dari kebakaran yang berujung pada kerugian semua pihak.

Hingga saat ini, imbuh Jazuli, dampak dari asap kebakaran tersebut telah menambah beban ekonomi republik tercinta ini. Belum lagi terhadap kesehatan masyarakat yang sangat terganggu akibat kehadiran asap tersebut.

Jazuli juga heran dengan sikap pemerintah yang seolah-olah tidak berdaya mencegah terjadinya kebakaran hutan maupun lahan di republik ini. Padahal, sudah banyak pihak yang memberikan peringatan akan munculnya kebakaran hutan maupun lahan terutama selama musim kemarau di republik ini. “Tapi kenapa upaya pencegahan tidak dapat dilakukan pemerintah?” tanya Jazuli.   {007}.

Comments

comments