DPD RI Dukung Pembentukan Pansus Asap

Djarasmen Purba1

Djarasmen Purba.

ANGGOTA Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Djarasmen Purba menegaskan bahwa pihaknya setuju atas rencana DPR RI untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) Asap. Hal tersebut tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari pembakaran hutan di republik ini. “Kami dari DPD mendukung Pansus (Asap),” kata Djarasmen di DPR RI, Rabu, (28/10).

Bahkan dalam kesempatan itu Djarasmen berharap agar pansus tersebut segera terbentuk dan melaksanakan tugas-tugasnya. Sehingga, upaya pemadaman api dan menghilangkan asap bisa diawasi dengan ketat. “Dan harus dilaksanakan (pembentukan pansus) segera,” lanjut Djarasmen.

Djarasmen juga mendesak agar pansus tersebut mampu menemukan persoalan utama dan jalan keluar agar hal serupa tidak terulang pada tahun-tahun berikutnya. “Tapi harus ada akar masalah yang ditemukan dan rekomendasi dari pansus itu,” ujar Djarasmen.

Agar bisa berjalan dengan maksimal, Djarasmen juga berharap agar pemerintah bekerjasama dengan Pansus Asap tersebut. Sehingga, langkah yang ditempuh pemerintah dalam memadamkan api akibat pembakaran tepat sasaran. “Pemerintah harus bekerjasama dengan pansus, agar pansus ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Djarasmen.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, AR Sultan Adil Hendra mengatakan bahwa lambatnya pemerintah memadamkan api telah menimbulkan akibat yang sangat besar bagi rakyat republik ini. “Keterlambatan pemerintah ini telah menimbulkan bencana yang amat besar,” kata Sultan.

“Oleh karenanya tidak perlu lagi berdebat tentang perlu tidaknya pansus, yang jelas ini solusi terbaik dengan adanya pansus. Sehingga DPR bisa mengawasi proses pemadaman api, termasuk proses penjatuhan hukuman bagi mafia pembakar hutan,” tegas Sultan.   {007}.

Comments

comments