Pimpinan MPR RI Apresiasi HUT TNI ke 70

Oesman Sapta Odang

Oesman Sapta Odang.

WAKIL Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan sangat puas dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 70 hari ini, Senin, (5/10). Menurut OSO sebagai warga negara dirinya merasa bahagia mempunyai “pagar negeri” seperti TNI. “Saya bangga,” kata OSO saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin, (5/10).

Dalam kesempatan itu, OSO juga mengatakan bahwa peringat HUT tersebut sebagai bukti bahwa TNI dengan rakyat merupakan satu kesatuan yang tidak boleh terpisah dan harus selalu bersatu. “Itu TNI dan rakyat, rakyat dan TNI enggak boleh dipisahin,” kata OSO lagi.

Apalagi, lanjut OSO, saat ribuan warga Cilegon, Banten dan sekitarnya sangat antusias menaiki sejumlah tank yang digelar TNI bersamaan peringatan tersebut diselenggarakan. “Sebagai contoh ketika tank-tank milik TNI itu dinaikin oleh rakyat, itu kan spontanitas yang sangat mengharukan. Bagus itu,” lanjut OSO.

“Mungkin dari selama ini TNI melaksanakan demostrasi, ini yang sangat-paling membanggakan, ada darat, udara laut,” sambung OSO.

Agar keutuhan republik ini tetap terjaga kedepannya, OSO menegaskan pentingnya kewaspadaan dari TNI terhadap berbagai bentuk ancaman keamanan. Menurut dia ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak hanya dari dalam negeri saja.

“Hiruk pikuk politik yang terjadi belakangan ini tentu harus menjadikan TNI waspada. Kewaspadaan itu sendiri tidak hanya terhadap ancaman dalam negeri saja, tentu juga harus diantisipasi terhadap intervensi asing yang berpotensi mengancam ketidak amanan di dalam negeri. Jangan diberi kesempatan untuk merecoki kepentingan nasional,” tegas OSO.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan TNI dalam mempertahankan eksistensi republik ini, OSO sependapat dilakukannya peningkatan kapasitas Alat Utama Sistem Persenjataan(Alutsista) kedepannya. “Untuk masa mendatang memang harus dan perlu ditingkatkan, tidak boleh puas dengan kondisi yang ada saat ini,” ujar OSO.   {007}.

Comments

comments