Selewengkan Nopol Mobil, Setnov Dinilai Beri Teladan Buruk

Setya Novanto2

Setya Novanto.

ANGGOTA Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompol mengatakan bahwa prilaku Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov) yang menggunakan Nomor Polisi (Nopol) dinas pada mobil pribadinya merupakan contoh teladan yang tidak baik. “Dia memberi keteladanan yang buruk,” kata Ruhut saat dihubungi, Senin, (9/11).

Sebab, lanjut Ruhut yang membidangi hukum termasuk institusi Polri sebagai penerbit, Nopol hanya dikeluarkan untuk satu kendaraan bermotor saja. Sehingga, tidak ada dua kendaraan yang memiliki satu Nopol. “Tidak bisa digunakan dong untuk kendaraan bermotor yang lain, kan satu nopol hanya untuk satu kendaraan,” lanjut Ruhut.

Ruhut juga mengatakan bahwa prilaku Setnov tersebut diduga telah mencerminkan tidak tegaknya hukum di republik ini. Dengan digunakannya Nopol dinas pada kendaraan pribadi, hal tersebut diduga sebagai cermin sikap yang mengedepankan kekuasaan di sebuah negara hukum. “Itu saja saja kekuasaan yang menjadi panglimanya, bukan hukum yang menjadi panglima tertinggi,” ujar Ruhut.

Ketika ditanya apakah penggunaan Nopol dinas pada kendaraan bermotor pribadi sebuah pelanggaran hukum? Dengan tegas Ruhut membenarkannya. “Jelas itu sebuah pelanggaran ketentuan lalu lintas, tidak baik seorang pimpinan DPR RI melakukan perbuatan seperti itu,” tegas Ruhut.

Saat dihubungi pada telepon selulernya untuk konfirmasi, panggilan tersebut belum mendapat sambutan dari Setya Novanto.   {007}.

Comments

comments