Eksaminasi Kasus Rio Capella oleh KPK Harus Dilanjutkan

ruhut sitompul

Ruhut Sitompul.

ANGGOTA Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul mengaku setuju dengan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan eksaminasi terhadap kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) di Provinsi Sumatera Utara beberapa waktu lalu. “Oh iya, kita setuju jika langkah hukum itu (eksminasi) diteruskan,” kata Ruhut saat dihubungi, Senin, (28/12).

Dalam kesempatan itu Ruhut juga mengakui bahwa besar kemungkinan munculnya langkah hukum eksaminasi tersebut lantaran ketidakpuasan masyarakat atas vonis pengadilan kepada Rio Patrice Capella beberapa waktu lalu di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

“Jadi kalau aku melihatnya kasus Bansos ini memang cukup ramai di Sumut, tetapi putusannya kan,,,,, Karena pembuktiannya sangat kuat, orang kan jadi bertanya-tanya dengan hukuman yang segitu. Makanya KPK melakukan eksaminasi,” lanjut Ruhut.

Seharusnya, sambung Ruhut, sanksi pidana bagi koruptor yang sudah terbukti bersalah pada persidangan diberikan seberat-beratnya. “Kan seharusnya sanksinya seberat-beratnya dong, apalagi kalau sudah terbukti pada persidangan,” sambung Ruhut.

“Dugaan-dugaan itu harus diungkap sampai tuntas. Apalagi kan KPK dalam posisi bagus, apalagi zamannya Ruky yang selama ini belum ditetapkan jadi tersangka, sudah bisa ditetapkan statusnya,” tegas Ruhut.

Kasus Korupsi Bansos Provinsi Sumatera Utara sendiri telah menjerat beberap tokoh penting di republik ini. Salah satunya adalah gubernur provinsi tersebut, Gatot Pujo Nugroho beserta isteri keduanya. Tidak hanya itu mantan politisi Partai Nasdem, yang menjadi pengacara Gatot juga turut diseret oleh hukum yang sedang tegak.

Tidak hanya itu sang istri gubernur non akif itu juga menyebut adanya aliran dana kepada oknum kejaksaan agung.

Penuntutan kasus tersebut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang nota bene berasal dari kejaksaan diduga kuat telah menimbulkan tanya besar di hati masyarakat. “KPK mungkin lihat jaksa sebagai penuntut, karena vonis yang tidak seimbang. Kalau terbukti hukum seberatnya,” pungkas Ruhut.   {007}.

Comments

comments