Kapolri Dihimbau Dukung Anggota yang Laksanakan Gakkum

Edi Saputra Hasibuan

Edi Saputra Hasibuan.

KOMISIONER Kompolnas, Edi Saputra Hasibuan mengimbau Kapolri, Jenderal Pol Badrodin Haiti untuk memberikan dukungan kepada seluruh jajarannya yang melaksanakan penegakkan hukum (Gakkum). Hal tersebut disampaikan Edi terkait adanya dugaan teror terhadap AKBP Neno pasca razia terhadap penjual minuman keras di NTT beberapa waktu lalu. “Kita harapkan Kapolri harus membela dia (AKBP Albert) karena sedang menjalankan tugas,” kata Edi saat dihubungi, Selasa, (29/12).

Tidak hanya itu, Edi juga berharap kedepannya tidak ada lagi tekanan-tekanan terhadap seluruh jajaran Polri yang melaksanakan tugas. Sebab tugas yang diemban anggota Polri itu merupakan amanat dari undang-undang. “Polri juga harus dipastikan bebas dari intervensi, karena ini menyangkut penegakkan hukum,” lanjut Edi.

Jika ada warga masyarakat ataupun kelompok tertentu yang merasa tindakan Polri menyimpang dalam bertugas, Edi mempersilahkan pihak tersebut untuk menempuh jalur hukum. Sebab, negara ini harus berpijak pada hukum yang menjadi panglima tertingginya. “Bila merasa Polisi melakukan kesalahan, siapapun termasuk anggota Komisi III it bisa melakukan praperadilan,” tegas Edi.

Edi sendiri memahami langkah yang ditempuh AKBP Albert dengan membuat laporan polisi terhadap dugaan aksi teror terhadap pekerjaanya merazia penjual minuman keras. “Kita pahami apa yang dia lakukan, sepanjang dia punya bukti yang cukup bahwa yang bersangkutan melakukan teror terhadap dirinya. Meskipun ini pembuktiannya sangat sulit, apalagi Hery membantah melakukan teror,” ujar Edi.   {007}.

Comments

comments