Triliunan Uang Rakyat Digunakan oleh DPD RI Per Tahunnya

DPD RI

DPD RI.

DIREKTUR Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa tidak sedikit uang rakyat yang digunakan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) per tahunnya. Sementara, kinerja yang bisa diberikan lembaga tersebut kepada rakyat dinilai tidaklah seimbang dengan pengeluaran.

Sebagai contoh, kata Uchok, untuk tahun 2016 ini saja DPD RI mendapat anggaran uang rakyat lebih dari satu triliun rupiah. “Tahun 2016 sebesar Rp 1. 027 triliun,” kata Uchok dalam pesan singkatnya, Selasa, (9/2).

Dari jumlah itu, lanjut Uchok, lebih dari Rp 200 miliarnya digunakan untuk belanja pegawai. Jumlah tersebut dinilai Uchok tidak sesuai dengan kinerja lembaga negara yang memasuki masa periode ke 3 itu. “Untuk belanja pegawainya sebesar Rp 237,3 miliar. Mahal banget untuk biaya pegawai ini,” lanjut Uchok.

“Pada tahun 2015 sebesar Rp 1. 138 triliun. Kalau anggota DPD hanya menikmati fasilitas negara dan makan gaji dan tunjangan, tidak mau berjuang untuk meningkatkan kewenangannya bubarkan saja,” sambung Uchok.   {007}.

Comments

comments