DPR RI Wacanakan Evaluasi Kinerja Hakim Agung

Arsul Sani3

Arsul Sani (kiri) saat berbincang dengan Hakim Agung, Gayus Lumbuun di DPR RI, Selasa, (29/3),

ANGGOTA Komisi III DPR RI, Asrul Sani mengatakan bahwa pihaknya sedang mewacanakan untuk mengevaluasi hasil kerja para hakim agung di republik ini. “Ada juga (wacana) mengevaluasi kinerja hakim agung, ini baru dikembangkan di komisi III,” kata Asrul di DPR RI, Selasa, (29/3).

Dalam kesemapatan Asrul menegaskan bahwa evaluasi terjadap kinerja tersebut juga ditujukan menganalisa etika para hakim agung dalam menggunakan kewenangannya sehari-hari. “Termasuk persoalan etika hakim agung, sebab kalau pimpinan Mahkamah Agung saja yang mengevaluasi kita khawatir jeruk makan jeruk. Misalnya ketika tahun lalu ada kasus seorang hakim agung makan malan dengan keluarga orang yang sedang jadi terdakwa,” tegas Asrul.

Terhadap kasus seperti itu, lanjut Asrul, tentu harus ada sanksi yang jelas dan tegas bagi sang hakim agung. Namun, hingga kini publik seolah-olah tidak tahu apakah sanksi sudah dijatuhkan atau belum. “Kan harus jelas sanksi itu. Jadi harus ada sistem khusus,” lanjut Asrul.

Demikian pula terhadap perpanjangan masa jabatan bagi hakim agung di republik ini. Menurut Asrul, pihaknya sedang memproses sistem agar hakim agung mempunyai ukuran jelas dalam hal masa jabatannya. “Yang mengevaluasi adalah komisi yudisial, lalu diserahkan kepada DPR. Nanti disetujui oleh DPR apakah hakim agung itu bisa diperpanjang masa tugasnya atau tidak,” ujar Asrul.   {007}.

Comments

comments