Persolaan Pajak Harus Segera Dicarikan Jalan Keluar

Ahmad Nur Supit

Ahmad Nur Supit (pegang mic), Aryo Djojohadikusumo (batik kuning).

KETUA Komisi XI DPR RI, Ahmad Nur Supit mengatakan bahwa persoalan perpajakan di republik ini cukup mengkhawatirkan. Untuk itu, penyelesaian yang menyeluruh sangat dibutuhkan agar bisa memberikan sumbangsih maksimal bagi pembangunan negara ini. “Memang persoalan pajak harus segera dicarikan jalan keluarnya,” kata Ahmad di DPR RI, Kamis, (3/3).

Salah satu buktinya, lanjut Ahmad, rasio penerimaan negara dari sektor perpajakan republik ini tidak pernah menggembirakan. Padahal potensi penerimaan dari pajak masih terbuka. “Tax rasio kita tidak pernah meningkat. Tapi lagi-lagi faktanya penerimaan negara dari pajak sangat kecil padahal potensinya ada Apa yang terjadi?” lanjut Ahmad bertanya.

Untuk itulah, Ahmad mengaku bahwa pihaknya menilai pemberian tax amnesti mampu menjadi solusi besar agar penerimaan negara dari perpajakan bisa meningkat secara signifikan. “Yang terjadi ini kan ada orang-orang yang tidak mau melaporkan pajaknya, karena bisa dipenjara,” ujarnya.

Anggota Komisi VII DPR RI, Aryo Djojohadikusumo mengatakan bahwa pada prinsipnya setuju jika pemerintah memberikan pengampunan pajak bagi orang-orang ataupun perusahaan-perusahaan tertentu. Namun, hal tersebut harus diikuti pula dengan pemberian fasilitas sejenis kepada warga negara yang taat membayar pajak kepada republik ini.

“Bagaiman bagi mereka yang taat pajak selama ini? Apakah ada ayat dan pasal yang akomodir mereka. Jangan sampai mengampuni yang ngemplang tapi terus investigasi yang taat. Buatlah fair, setara bagi semua pihak. Kita tidak mau menimbulkan budaya ngemplang pajak,” kata Aryo.   {007}.

Comments

comments