Proses Pembayaran Kunci Kasus Sumber Waras

Uchok Sky Khadafi2

Uchok Sky Khadafi.

DIREKTUR Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menegaskan bahwa kunci pengungkapan kasus dugaan penyimpangan keuangan negara pada Rumah Sakit Sumber Waras adalah saat pembayaran dilakukan. “Penyidik KPK bisa menelusuri dari proses pembayaranannya,” kata Uchok saat dihubungi, Selasa, (19/4).

Menurut Uchok lagi, dirinya menganggap pembayaran yang dilakukan bukan pada jam kerja tentu bukan suatu kelaziman di republik ini. Kelaziman yang selama ini dilakukan oleh instansi pemerintah, pemabayaran terhadap transaksi belanja barang atau lainnya pada jam kerja. “Kenapa harus malam? Kenapa harus jam 7 malam,” lanjut Uchok.

Tidak hanya itu, Uchok juga mengatakan bahwa para penerima aliran dana tersebut bisa digunakan oleh penyidik KPK untuk mengungkap motif dibalik transaksi uang rakyat sebesar itu. “Telusuri transaksinya mengalir ke mana saja. Siapa yang terima aliran. Apakah yang terima yayasan atau bukan,” sambung Uchok.

Terakhir, menurut Uchok, KPK sudah harus membuka kepada publik, dana apa yang digunakan Pemda DKI Jakarata untuk membayar tanah tersebut. “Sumber dana ini menggunakan kas apa namanya? Apakah pakai nomenklatur pembelian sumber waras atau yang lain. Kalau menggunakan nomenklatur lain itu yang harus ditelusuri. Dua itu saja sudah ketahuan salah satu modusnya,” tegas Uchok.   {007}.

Comments

comments