Anggaran Pangan 2017 Dinilai Kembali Alami Penurunan

Herman Khaeron10

DR E Herman Khaeron (tengah).

WAKIL Ketua Komisi IV DPR RI, DR E Herman Khaeron mengatakan bahwa anggaran pembangunan bidang pangan mengalami penurunan. “Saya kira ada penurunan angaran lingkungan komisi 4, hampir seluruh anggaran turun banding 2015, 2016. 2017 ada penurunan lagi. Untuk pertanian turun menjadi 27 triliunan,” kata Herman saat dihubungi, Senin, (25/7).

Agar pemotongan anggaran itu tidak mempengaruhi ketersediaan pasokan bahan makanan bagi rakyat, lanjut Herman, dirinya menyarankan agar pemerintah lebih fokus pada peningkatan kinerja pada tahapan teknis. Pelibatan mitra kerja swasta, menurut Herman, harus diperhatikan pemerintah agar program kerja bisa lebih terlaksana dengan maksimal.

“Harus lebih teknis, jangan bicara program dan anggaran secara normatif lagi. Bagaimana hal-hal teknis lebih fokus dan tercana, integrated, kolaboratif dengan stake holkder lain termasuk swasta,” sambung Herman.

Ruang Iklan

“Stabilitas pasokan bahan makanan saya rasa bisa tetap bisa dicapai jika hal-hal teknis itu tadi bisa lebih dimaksimalkan oleh pemerintah, jangan lupakan stakeholder yang lain. Gandeng sektor swasta supaya kekuatan untuk meningkatkan produksi tetap tinggi,” ujar Herman.

Tidak lupa Herman juga mengatakan bahwa republik ini tidak lupa terhadap komoditas bahan pangan asli, seperti umbi-umbian, serta sagu. Sebab, sejarah bangsa ini tidak bisa melupakan bahan makanan yang telah menjadi penopang kebutuhan logistik saat para pahlawan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. “Sektor utama padi, jagung dan kedelai (pajale) ini harus dievaluasi, supaya kita tidak meninggalkan keunggulan lokal,” tegas Herman.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments