Dipilih Jokowi Pimpin BIN, Kepemimpinan Budi Gunawan Dinilai Paripurna

Komjen Pol Budi Gunawan.

ANGGOTA Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul mengatakan bahwa kepemimpinan Letjen Pol Budi Gunawan sangatlah mumpuni. Tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan saat Budi Gunawan memimpin Badan Intelijen Negara (BIN) beberapa waktu kedepan. “Leadership Pak Budi Gunawan sangat Paripurna,” kata Ruhut saat dihubungi, Jumat, (2/9).

Untuk itu, lanjut Ruhut, dirinya sangat setuju jika perwira tinggi Polri itu dipilih Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk diangkat menjadi Kepala BIN. “Tentunya sudah tepat itu. Karena Pak Budi Gunawan salah satu perwira terbaik berbintang tiga dari Kepolisian. Dia senior, kualitas beliau untuk memimpin BIN sudah tidak diragukan lagi, kita bisa menerima itu,” lanjut Ruhut.

Hal lain yang dikatakan Ruhut terkait kapasitas Budi Gunawan untuk memimpin BIN adalah, saat Waka Polri itu melakukan Fit and Propert Test di komisi 3 untuk jabatan calon kapolri bebeberapa waktu lalu. Dari sekian banyak calon kapolri saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan, baru Budi Gunawan yang mampu menyelesaikan dalam waktu sangat singkat. “Terbukti waktu beliau menjalani Fit and Proper Test untuk calon kapolri, beliau memecahkan rekor tercepat di komisi tiga. Dan saya yakin begitu juga nanti di komisi satu,” sambung Ruhut.

Ruang Iklan

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Ade Komarudin menegaskan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti surat Presiden RI, Jokowi terkait penunjukan Komjen Pol Budi Gunawan untuk menggantikan Lentjen Purn TNI Sutiyoso sebagai kepala BIN. “Sekarang juga setelah Pak Mensesneg kembali kita akan lang‎sung rapat pimpinan untuk menentukan jadwal tindaklanjut surat itu,” kata Ade di DPR RI, Jakarta, Jumat (2/9).

Dalam kesempatan itu Ade juga mengatakan bahwa pembahasan terhadap penunjukan Budi Gunawan itu akan dilakukan oleh Komisi I DPR RI. Termasuk proses fit and proper tes yang nantinya perlu dilewati oleh sang jenderal berbintang 3 itu. “Sesuai mitranya, tentu Komisi I akan kami tugaskan untuk fit and proper test. Setelah itu akan kita tentukan jadwal pengumuman di Paripurna,” ujar Ade.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments