Sosialisasi Tax Amnesty Dinilai Tidak Maksimal

Mukhamad Misbakhun1

Mukhamad Misbakhun.

ANGGOTA Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun mengatakan bahwa sosialisasi terhadap program pengampunan pajak atau tax amnesty yang dijalankan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK) tidak sebagaimana mestinya. “Permasalah sosialisasi sudah kita sadari sejak awal,” kata Misbakhun di DPR RI, Kamis, (1/9).

Untuk itu, lanjut Misbakhun, pihaknya sejak awal pula telah memberi saran kepada pemerintah agar memimpin seluruh isu-isu yang terkait tax amnesty. Sebab, menurut Misbakhun, jika pemerintah hanya menjadi pengikut terhadap isu yang beredar tersebut tentunya tidak akan membantu suksesnya program itu sendiri. “Makanya kita sampaikan kepada pemerintah agar mendrive. Sosialisasi itu harus kita yang mendrive. Strategi isu itu yang harus dilakukan oleh pemerintah,” lanjut Misbakhun.

Ruang Iklan

Bahkan, Misbakhun mengaku pernah menjumpai warga masyarakat yang pernah mengikuti sosialisasi tax amnesty lebih dari sekali. Namun, lantaran nara sumber sosialisasi berbeda kapasitasnya, maka peserta tersebut tidak mendapatkan pemahaman yang utuh. “Makanya supaya seragam bikin manual booknya. Ada yang ikut sosialiasi hingga 5 kali, tapi pandangannya berbeda-beda,” ujar Misbakhun.

Misbakhun juga berharap ada tokoh-tokoh tertentu yang ikut program tax amnesty dan dipublikasikan. Sebab, ketokohan masih memberikan dampak sangat positif dalam mendongkrak pencapaian suatu program pembangunan. “Perlu figur-figur penting di republik ini yang ikut tax amnesty ini. Karena bukan aib kok ikut tax amnesty, yang akhirnya keraguan yang ingin ikut tax amnesty terpatahkan,” jelas Misbakhun.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments