Evakuasi Korban Gempa Aceh Harus Cepat

Setya Novanto6

Setya Novanto.

KETUA Umum Partai Golkar, Setya Novanto menegaskan bahwa evakuasi terhadap korban gempa bumi di Kabupaten Pidie, Aceh harus dilakukan secara cepat. “Semua pihak harus lakukan evakuasi secara cepat,” tegas Novanto usai menerima Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (7/12).

Hal tersebut, lanjut Novanto, merupakan antisipasi terhadap kemungkinan adanya bencana serupa yang datang kemudian. Bisa dibayangkan jika korban yang belum sempat dievakuasi mengalami dua kali guncangan, tentu akan memberi dampak sangat berat baginya. “Ini harus lebih awal, takutnya ada gempa susulan,” lanjut Novanto.

Menurut Novanto, dirinya telah memerintahkan seluruh kader partai, khususnya Provinsi Aceh untuk segera turun ke lokasi gempa. Dengan demikian, berbagai kebutuhan para korban dapat segera diidentifikasi dan dicarikan solusinya.

Ruang Iklan

“Ketua Dewan Pimpinan Daerah I provinsi Aceh, M.Nurlib dan semua pengurus harus terjun ke area. Lakukan penyiapan-penyiapan seperti kasur, makan, dan sebagainya,” ujar Novanto.

Novanto juga meminta Basarnas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secepat mungkin bekerja untuk meringankan derita para korban, terutama masalah evakuasi dan pendirian tenda. Pemerintah Daerah (Pemda) juga harus cepat dan sigap.

Hal itu supaya warga yang menjadi korban masih bisa tertangani karena telah dievakuasi.
“Saya minta semua warga bisa tenang. Pihak Basarnas dan BNPB terus lakukan evakuasi secara cepat. Kerjasama dengan Pemda. Tidak boleh jalan sendiri,”ujarnya.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments