DPR Sarankan DPD RI Jalin Komunikasi Lebih Intensif dengan Fraksi

Supratman Andi Agtas1

Supratman Andi Agtas (kanan), Afnan Hadikusumo (kiri).

KETUA Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas menganjurkan agar Dewan Perwakilan Daerah melakukan komunikasi lebih inten lagi kepada masing-masing fraksi yang ada saat ini. Hal tersebut diharapkan akan menjadikan berbagai aspirasi dari DPD RI bisa lebih terakomodasi oleh DPR RI. “Dari sisi komunikasi politik strategisnya harus dirubah. DPD kalau boleh komunikasinya dengan fraksi-fraksi,” kata Supratman di DPR RI, Selasa, (7/2).

Jadi, lanjut Supratman, DPD RI dianjurkan tidak hanya melakukan komunikasi dengan institusi DPR RI semata. Fraksi-fraksi yang ada di dalam DPR RI itu sendiri, justeru tidak kalah strategis dalam pengambilan sebuah keputusan. “Karena kan kalau fraksi sudah tentukan keputusan, biasanya anggota itu tinggal,,,” lanjut Supratman.

Dengan lebih baiknya kualitas komunikasi DPD RI dengan masing-masing farksi di DPR RI, sambung Supratman, diyakininya akan mencairkan berbagai kebekuan yang terjadi selama ini. “Ini bisa mengatasi kebekuan yang terjadi selama ini,” sambung Supratman.

Ruang Iklan

Apalagi, menurut Supratman, keikutsertaan DPD RI dalam pembahasan undang-undang di DPR RI tidak menyeluruh. Dengan peningkatan komunikasi DPD RI dengan fraksi maka aspirasi-aspirasi akan lebih terakomodir. “Harus jujur kami akui bahwa ada beberapa undang-undang yang bahwa keikutsertaan DPD dalam rancangan undang-undang dibatasi,” kata Supratman.

Ketua PPUU DPD RI, Afnan Hadikusumo mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah menjalin kerjasama yang baik dengan DPR RI. “Selama ini kerjasama sudah baik. Kendalanya memang ada di fraksi tadi,” kata Afnan.

Menurut Afnan, keikutsertaan DPD RI dalam pembahasan undang-undang produksi DPR RI sebenarnya didasari pada harapan tidak ada lagi produk legislasi yang dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). “Kita ingin membantu DPR agar produksi undang-undang lebih baik lagi. Dari kualitas banyak undang-undang yang diajukan ke MK dan diterima oleh MK. DPD ingin membantu DPR RI dari sisi kualitas dan kuantitas agar sesuai harapan,” ujar Afnan.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments