Pengamat Tidak Yakin Negara Indonesia bisa Bubar

Ichsanuddin Noorsy2

Arbi Sanit (kedua kanan), Hidayat Nur Wahid (kedua kiri).

PENGAMAT Politik, Arbi Sanit mengatakan tidak melihat kemungkinan republik ini akan bubar. “Saya kira Indonesia tidak akan bubar,” kata Arbi dalam sebuah diskusi 4 Pilar di DPR RI, Senin, (13/2).

Ada beberapa hal yang menurut Arbi menjadi penopang keutuhan negara tercinta ini tetap ada. “Para elit ini kalau berbisnis dengan 250 juta orang dia lebih senang, kaum elit dalam berbisnis kan begitu. Kedua ada militer. Mereka akan mempertahankan agar Indonesia tetap ada,” lanjut Arbi.

Meski demikian, Arbi tidak menampik potensi republik ini mengalami kondisi perekonomian yang tidak sesuai harapan masyarakat banyak. “Tapi bisa juga kolaps, hancur,” ujar Arbi.

Menurut Arbi, persoalan yang sedang dialami republik belakangan ini tidak lepas dari dua hal. “Kenapa orang sangat anti Ahok? Karena soal suku dan agama,” ujar Arbi. Menurut Arbi, seharusnya hal tersebut tidak lagi menjadi persoalan di republik yang sudah lama berdiri ini.

Ruang Iklan

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa republik ini sudah memiliki wadah untuk menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi. “Maksimalisasi yang ada. Saya masih lihat kita masih bisa lakukan beragam hal dalam hal kompromi yang konstruktif. Tapi kita tidak bisa pungkiri inilah yang ada. Undang-undang dasar yang ada ini memiliki ruang bagi kita memberikan sulusi,” kata Hidayat.

Selain itu, Hidayat juga mengatakan bahwa setiap warga negara bangsa ini bisa membantu menyelesaikan persoalan yang ada. “Menurut saya penyelesaian masalah, semua orang bisa. Agar api semakin tidak membesar, kita punya tata nilai yang sangat kuat,” jelas Hidayat.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments