Wakil Rakyat Kembali Ingatkan Melemahnya Daya Beli Rakyat

Sartono17

Sartono (tengah).

ANGGOTA Komisi VI DPR RI, Sartono kembali mengingatkan pemerintah terhadap menurunnya daya beli masyarakat bawah bangsa ini. Hal tersebut diperolehnya usai melakukan kunjungan kerja lapangan pada beberapa pasar. “Lagi-lagi kita ingatkan pemerintah, ini daya beli rakyat terutama yang menengah bawah turun,” kata Sartono di kantornya, Senin, (19/6).

“Saya ini baru kembali dari beberapa pasar di Jawa Timur. Intinya, pedagang itu mengeluh lantaran kemampuan rakyat untuk membeli barang itu tidak sesuai harapan, meskipun tidak terjadi lonjakan harga,” tegas Sartono.

Dari hasil komunikasinya dengan berbagai elemen masyarakat tersebut, Sartono menjelaskan bahwa pelemahan daya beli rakyat itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kenaikan tarif dasar listrik atau TDL. “Masyarakat itu mengeluh kenaikan tarif listrik menjadikan mereka terpaksa mengurangi hasrat untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok,” jelas Sartono.

Ruang Iklan

Kondisi seperti itu, lanjut Sartono, tentu akan mengancam predikat keluarga harapan yang telah diraih oleh sebagian rakyat bangsa ini. “Jangan sampai yang tadinya merupakan keluarga harapan menjadi keluarga yang tidak punya harapan, karena mereka menjadi tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok mereka,” lanjut Sartono.

Untuk itu, Sartono menyarankan agar pemerintah saat ini segera mengeluarkan program-program yang dapat menjadi solusi terhadap beban ekonomi masyarakat. Bahkan, seharusnya program tersebut dijalankan pemerintah sebelum kenaikan tarif listrik dilakukan. “Malah seharusnya sebelum dinaikan, program penguatan bagi rakyat itu diluncurkan terlebih dahulu,” ujar Sartono.

“Membangun infrastruktur itu sah saja kalau APBN yang mencukupi. Tapi jangan dari hutangan, dampaknya rakyat jadi semakin tercekik,” tegas Sartono lagi.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments