DPR RI: Biaya Umrah Rasional US $ 2,200

Ali Taher Parasong (kanan pegang mic).

KETUA Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong menegaskan bahwa biaya perjalan Umrah yang rasional untuk saat ini tidak kurang dari Rp 28,600,000,- dengan . “Angka minimun untuk Umrah itu 2,200 dollar. Itu masih rasional. Di luar itu tidak logis,” tegas Ali Taher di DPR RI, Selasa, (15/8).

Sayangnya, lanjut Ali Taher, hingga saat ini masih banyak penyelenggara Umrah yang menetapkan biaya jauh dibawah harga tersebut. “Perlu ada campur tangan pemerintah berapa harga orang untuk bisa pergi Umrah,” lanjut Ali Taher.

Ali Taher juga meyakini jika ada penyelenggara yang menetapkan harga dibawah itu merupakan tindakan penipuan. “Jika dibawah itu maka patut diduga ada unsur penipuan,” ujar Ali Taher.

Tingginya keinginan masyarakat Indonesia berangkat Umrah tidak lepas dari lamanya waktu tunggu untuk melaksanakan Haji ke Tanah Suci. Lamanya waktu tunggu itu tidak lepas dari kuota yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi itu sendiri.

Ali Taher juga mengakui bahwa Ummat Islam Indonesia mempunyai rasa yang sangat kuat untuk menjalankan ibadah yang satu ini. “Perasaaan Ummat Islam untuk pergi Haji memang tidak bisa dibendung,” ujar Ali Taher lagi.

Menurut Ali Taher, sudah seharusnya Pemerintah Indonesia melakukan pendekatan kepada Arab Saudi. Dengan cara itu diharapkan ada kebijakan tertentu dari pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan jumlah kuota bagi Indonesia. “Yang rasional bisa ditempuh adalah pendekatan kepada pemerintah Arab Saudi,” jelas Ali Taher.   {007}.

Comments

comments