Divestasi Saham PT Freeport Harus kepada Negara

E Herman Khaeron (kanan).

WAKIL Ketua Komisi VII DPR RI yang baru dilantik, E Herman Khaeron menegaskan bahwa divestasi saham PT Freeport Indonesia harus dilakukan kepada negara, dan bukan swasta. “Divestasi harus kepada negara,” tegas Herman beberapa saat usai menerima palu Pimpinan Sidang yang diserahkan Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto di DPR RI, Rabu, (4/10).

Saat ditanya tentang apakah pemerintah memiliki dana yang cukup untuk menerima divestasi tersebut, dengan tegas pula Herman mengatakan bahwa pasti ada jalan keluarnya. “Negara punya cara, pasti ada caranya,” tegas Herman lagi.

Menurut Herman, bangsa ini memiliki begitu banyak sumber pendanaan untuk membiayai divestasi PT Freeport tersebut. Menurut Politisi Partai Demokrat itu, negara bisa saja menunjuk satu atau beberapa bumn maupun bumd agar sebagian saham perusahaan Amerika tersebut menjadi milik republik ini. “Negara bisa mendelegasikan kepada bumn atau pemda, itu salah satu cara negara ini untuk menguasai 51 persen saham,” ujar Herman.

Terkait tugas baru yang diembannya saat ini, Herman mengaku hal tersebut merupakan amanah yang tidak mudah maupun ringan. Menurutnya kehadirannya di komisi energi dan pertambangan serta lingkungan hidup itu harus memberi arti bagi republik ini. “Pada penugasan ini saya harus menunjukan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi negeri ini,” jelas Herman.   {007}.

Comments

comments