MPR RI: Menjaga Persatuan Lebih Baik Dibanding Merajut Ulang

EE Mangindaan.

WAKIL Ketua MPR RI, EE Mangindaan menegaskan bahwa menjaga persatuan dan kesatuan republik ini jauh lebih baik dibandingkan dengan upaya merajut ulang jika hal penting tersebut sudah mengalami kerusakan. “Usaha preventif untuk menjaga persatuan lebih bagus dari pada kita sudah mengambil tindakan untuk menata ulang,” kata Mangindaan di Jakarta, Sabtu, (7/10).

Untuk itu, lanjut Mangindaan, seluruh warga bangsa ini harus bahu-membahu mencegah terjadinya perpecahan sesama anak bangsa pada seluruh aspek kehidupan. Apa yang dulu sudah ada dan wariskan oleh para pahlawan harus selalu diingat dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

“Kita harus mencegah jangan sampai terjadi yang namanya perpecahan itu. Kita harus mengingat kembali bahwa kita satu bangsa, bangsa Indonesia, kita satu tanah air, yaitu Indonesia. Jangan sampai melupakan itu, sehingga kita dapat mencegah perpecahan,” lanjut Mangindaan.

Dalam kesempatan itu Mangindaan juga memberikan contoh buruk terhadap persatuan suatu negara yang mengalami perpecahan. Menurut Mangindaan, tidak satu negara yang mengalami perpecahan, menjadi lebih baik setelahnya.

“Yang paling penting jaga persatuan dan kesatuan. Kalau kita pecah,,, sudah banyak contohnya, salah satunya seperti Rusia. NKRI kita harus jaga agar tetap utuh, masak kita mau melupakan itu,” ujar Mangindaan.

Begitu juga dengan pengorbanan yang telah diberikan oleh pendahulu bangsa ini agar Indonesia bisa bersatu. Tentunya belum sebanding dengan apa yang telah kita sebagai penerus. “Begitu besar penghorbanan para pendahulu kita dulu untuk mewujudkan Indonesia sebagai suatu negara yang bersatu. NKRI itu melalui perjuangan, bukan hadiah,” tegas Mangindaan.   {007}.

Comments

comments