Pengamat Yakin DPR RI Terima Perppu Ormas

Ray Rangkuti.

PENGAMAT Politik, Ray Rangkuti menyakini DPR RI akan menerima penerbitan Perppu Ormas yang diusulkan pemerintah beberapa waktu lalu. Sebab, selain kalaupun harus dilakukan pemungutan suara, jumlah terbanyak pasti akan diraih oleh fraksi pendukung pemerintah saat ini.

“Secara politik perppu ini sudah selesai, DPR pasti menerima. Kan kalu voting jumlah suaranya pasti lebih banyak pendukung pemerintah,” kata Ray di DPR RI, Selasa, (10/10).

Yang paling mungkin untuk dilakukan oleh DPR, terutama fraksi-fraksi yang menolak Perppu adalah melakukan loby dengan pemerintah terkait isinya saja. “Yang memungkinkan adalah menerima atau menolak secara substansif saja,” lanjut Ray.

Menurut Ray, fraksi-fraksi penolak hadirnya Perppu Ormas seharusnya menggunakan waktu yang tersisa untuk lebih sering menyampaikan ide-ide atau pemikiran-pemikiran kepada publik. “Harusnya fraksi yang menolak lebih sering mengeluarkan ide-ide,” ujar Ray.

Secara pribadi, Ray menilai lahirnya perppu tersebut tidak memberikan manfaat yang maksimal bagi rakyat. “Makanya perppu ormas ini mudharatnya 80 persen manfaatnya 20 persen,” tegas Ray

Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi Golkar, Ace Hasan Syadzily mengakui Perppu Ormas telah menarik perhatian publik negara ini. “Perppu ormas ini merupakan sorotan publik,” kata Ace di tempat yang sama.

Meski demikian, menurut Ace Indonesia sudah membutuhkan suatu payung hukum seperti Perppu tersebut. “Ini upaya untuk tindakan preventif dari negara. Apakah kita akan membiarkan negara ini terbelah, hancur? Sementara kita tidak bisa secara cepat mengambil sebuah langkah,” ujar Ace.   {007}.

Comments

comments