Pimpinan Komisi II Ini Nilai Pengesahan UU Ormas Mungkinkan Terjadinya Bom Waktu

Ahmad Riza Patria.

PIMPINAN Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa pengesahan undang-undang Ormas oleh institusinya beberapa waktu lalu berpotensi menjadi bom waktu bagi republik ini. “Ini bisa menimbulkan bom waktu,” kata Riza di DPR RI, Selasa, (31/10).

Untuk itu Riza berhara agar pemerintahan saat ini mau untuk segera memperbaiki isi dari undang-undang tersebut. Riza juga berhadap agar pemerintah sadar terhadap ancaman resiko yang muncul dari lahirnya undang-undang itu sendiri. “Mudah-mudahan pemerintah sadar, eling. Justeru punya niat untuk merevisi,” lanjut Riza.

Menurut Riza, hingga saat ini belum ada kondisi medesak maupun genting yang mengizinkan pemerintah untuk menerbitkan Perppu dan diproses menjadi undang-undang.

“Proses Perppu ini tidak penuhi syarat, pertama apakah ada kegentingan yang memaksa? Tidak ada yang memaksa. Gak ada kegaduhan. Sampai hari ini Perppu dikeluarkan gak ada yang memaksa,” ujar Riza.

Demikian pula dengan faktor kekosongan hukum yang bisa digunakan sebagai alasan menerbitkan Perppu Ormas tersebut. Pemerintah juga, menurut Riza, seharusnya mengedapankan mekanisme penegakkan hukum sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kedua, kekosongan hukum? Tidak ada kekosongan hukum. Ketiga, Pemeritnah tidak bisa jalur mekanisme biasa? Bisa kok. Dua minggu bisa. Kita kok gak cerdas sih menyelesaikan masalah. Ini kan bahaya,” kata Riza.   {007}.

Comments

comments