Wakil Rakyat Janji Salurkan 1 Juta Bibit Kelapa

Roem Kono (angkat tangan).

ANGGOTA DPR RI asal Gorontalo yang juga Pimpinan Komisi IV, Roem Kono berjanji akan memberikan 1 juta bibit tanaman kelapa. Dengan bibit tersebut, diharapkan seluruh tanaman kelapa yang sudah tua di Provinsi Gorontalo diganti agar lebih produktif.

“Saya selaku wakil rakyat menginginkan rakyat Gorontalo semua menanam kelapa, bibitnya dari saya. Kita siapkan satu juta bibit kelapa. Kita ingin membantu rakyat untuk lakukan peremajaan kelapa,” kata Roem Kono di DPR RI, Rabu, (18/10).

Bibit sebanyak itu, lanjut Roem Kono, teknis pemberiannya akan melibatkan kementerian terkait. Apalagi, ujarnya, saat ini Indonesia tidak mampu menyediakan  buah kelapa dalam jumlah yang besar.

“Akan kita perjuangkan melalui Kementan. Kita punya kelapa memang kurang. Karena kit tidak menanam. Kita mengandalkan kelapa yang usianya sudah ratusan tahun lalu,” lanjut Roem Kono.

Khusus bagi masyarakat Gorontalo, sambung Roem Kono, kelapa merupakan komoditas yang sempat menjadi unggulan pada masa lampau. Dia juga mengatakan sudah sangat banyak tokoh-tokoh yang dibesar dari uang hasil usaha kelapa di Gorontalo itu, termasuk dirinya.

“Saya dibesarkan dari hasil usaha kelapa. Bahkan banyak tokoh lain yang juga demikian. Jadi kelapa ini telah terbukti mengangkat harkat dan martabat masyarakat Gorontalo. Saya lahir, besar, disekolahkan dari kelapa,” sambung Roem Kono.

“Kalau seluruh Indonesia menanam kelapa, maka kita bisa swasembada dan menjadi pengekspor kelapa. Untuk itu mari kita menanam kelapa secara serentak. Persoalannya, kita ini terlalu sering hanya membahas saja, tetapi tidak action,” tegas Roem Kono.   {007}.

Comments

comments