Posisi Wartawan Sangat Penting bagi Sebuah Bangsa

Oesman Sapta Odang (OSO).

WAKIL Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang (OSO) menegaskan bahwa profesi wartawan sangatlah penting bagi suatu bangsa atau negara. “Posisi wartawan merupakan sosok penting bagi sebuah bangsa,” kata OSO di MPR RI, Sabtu (11/11).

Untuk itu, menurut OSO, sudah selayaknya para wartawan memahami betul tugas-tugas yang diembannya agar mampu memberi manfaat besar bagi rakyat. “Jurnalis atau pewarta sudah selayaknya memahami tugas yang berat itu,” lanjut OSO.

Salah satu bukti pentingnya posisi wartawan, sambung OSO, hingga saat ini rakyat dari berbagai negara sangat percaya terhadap informasi ataupun berita yang disampaikannya. “Wartawan itu menjadi penting, sangking pentingnya rakyat percaya kepada media-media yang menyajikan berita dari wartawannya,” sambung OSO.

Untuk itu, OSO berhadap wartawan maupun media sebagai tempat berkarya harus mampu memberikan berita-berita yang benar. “Itu sebabnya media yang bermoral adalah media yang mengisi berita yang benar, yang dapat membangun jiwa raga bangsa ini,” ujar OSO.

Demikian pula bagi sebuah negara yang sedang membangun. Posisi wartawan tentunya memegang peran yang sangat penting pula. Melalui wartawanlah berbagai informasi terkait pembangunan itu disampaikan kepada masyarakatnya. “Sosok wartawan sosok yang penting pula bagi sebuah bangsa yang sedang membangun,” kata OSO.

Dengan demikian, idealisme maupun nasionalisme sudah seharusnya melekat pada diri masing-masing wartawan, khususnya di republik Indonesia ini. “Tanpa idealisme yang terjaga sangat berat untuk menjalankan profesi sebagai wartawan. Tanpa nasionalisme yang kokoh mustahil kita bisa mewujudkan pers yang dapat menjadi alat perjuangan,” tegas OSO.   {007}.

Comments

comments