MPR: Banyak Salah Paham

Zulkifli Hasan.

KETUA MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa di republik ini telah terjadi kesalahpahaman. “Makanya saya bilang banyak salah paham,” kata Zulkifli Hasan di Jakarta, Kamis, (21/12).

Dicontohkan Zulkifli, republik ini tercipta dengan berbagai agama yang dianut oleh warganya. Seharusnya, tidak ada upaya-upaya menjadikan keyakinan warga masyarakat sama antara satu dengan lainnya. “Kalau agama tidak sama, enggak usah disama-samakan,” lanjut Zulkifli Hasan.

Begitu juga dengan suku. Sambung Zulkifli, bangsa ini dibentuk atas kesepakatan dari berbagai suku, sehingga tidak ada persoalan dengan perbedaan suku yang ada di republik ini.

“Semua orang Indonesia memang berbeda. Saya dari Lampung, bapak ibu ada yang dari Jawa, Kalimantan dan lain sebagainya. Jadi enggak usah disama-samakan,” sambung Zulkifli.

Untuk itu, Zulkifli mengajak semua pihak agar tidak melakukan perbuatan yang membeda-bedakan antara satu dengan lainnya. “Yang sama jangan dibeda-bedakan. Kita ini sama-sama merah-putih. Kita ini saling hormat-menghormati, saling menghargai,” ujar Zulkifli Hasan.

Demikian pula dengan sikap membela Negara Palestina. Menurut Zulkifli, membela Palestina, merupakan amanat pembukaan undang-undang 1945. “Kalau tidak mendukung Palestina itu melawan konstitusi. Kalau ada kejahatan kita tolak. Penjajahan itu melanggar hak azasi manusia, kita tolak. Kita lawan Israel, kita bela Palestina karena Palestina dijajah,” tegas Zulkifli Hasan.   {007}.

Comments

comments