DPR RI: Evaluasi Pelaksanaan Proyek Infrastruktur!!!

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah mengevaluasi proses pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur. Hal tersebut disampaikannya berkait dengan robohnya kembali crane pada proyek infrastruktur. “Meminta Pemerintah mengevaluasi terhadap pelaksana proyek-proyek infrastruktur yang mengabaikan aspek keselamatan kerja (k3),” kata Bamsoet dalam keterangan pers yang diterima, Senin, (5/1).

Polri sebagai institusi penegak hukum, diminta Bamsoet untuk mengusut penyebab terjadinya kecelakaan yang juga terjadi pada proyek infrastruktur lainnya. “Meminta Kepolisian untuk menyelidiki dugaan adanya pelanggaran prosedur operasi standar dalam pengerjaan proyek dua jalur ganda tersebut,” lanjut Bamsoet.

Bamsoet juga berpesan kepada Komite Keselamatan Konstruksi agar menjalankan perannya. Dengan demikian diharapakan hal serupa tidak kembali terjadi pada proyek-proyek lainnya. “Meminta Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian PUPR bersama Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4I) mengevaluasi prosedur kerja dan keselamatan pada sejumlah proyek strategis dan proyek dengan resiko tinggi lainnya,” ujar Bamsoet.

Bamsoet juga mengatakan bahwa perusahan pelaksana harus bertanggungjawab atas kecelakaan yang telah merenggut 4 jiwa pekerjanya itu. “Meminta PT Hutama Karya sebagai kontraktor proyek untuk bertanggung jawab dan tidak melanggar ketentuan UU Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung serta UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi,” tegas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments