DPR RI Dorong Ditjen Pajak Beri Keringan bagi UMKM

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa pihaknya mendorong Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan untuk memberi keringan pajak penghasilan kepada pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

“Meminta Komisi XI DPR mendorong Kementerian Keuangan (Direktorat Jenderal Pajak) untuk memberikan solusi kepada pelaku UMKM  dengan cara memberikan keringanan pajak penghasilan bagi pelaku UMKM,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (28/3).

Agar lebih mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan usahanya, Bamsoet juga mengaku mendorong pihak terkait seperti Kementerian Koperasi memberi kemudahan perizinan maupun akses ke perbankan.

“Meminta Komisi VI DPR mendorong Kementerian Koperasi dan UMKM untuk memberikan kemudahan dalam perizinan serta memfasilitasi akses ke  perbankan untuk mendapatkan permodalan bagi pengembangan UMKM,” lanjut Bamsoet.

Hal tersebut disampaikan Bamsoet terkait pajak penghasilan final (PPh) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah ditetapkan Pemerintah sebesar 0.5% dan semula sebesar 1% dari omzet (PP Nomor 46 tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu), dinilai masih memberatkan pelaku UMKM.   {007}.

Comments

comments