Ketua DPR RI Himbau Masyarakat Hati-Hati Jaga Identitas

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar berhati-hati dalam menjaga identitas apalagi yang menyangkut pribadi. Himbauan tersebut diharapkan mampu melindungi masyarakat dari orang-orang yang ingin menyalahgunakan identitas pibadi itu sendiri.

“Mengimbau masyarakat untuk dapat berhati-hati dalam menjaga identitas pribadi serta tidak mudah memberikan data pribadi kepada orang lain tanpa tujuan yang jelas,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Selasa, (6/3).

Apalagi, belum lama ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah mewajibkan seluruh pengguna kartu seluler prabayar untuk melakukan registrasi ulang. Dimana registrasi tersebut mengharuskan pelanggan kartu seluler mencantumkan nomor induk kependudukannya serta kartu keluarga.

“Terkait kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengenai kewajiban untuk registrasi kartu seluler yang menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang dikhawatirkan rentan disalahgunakan,” lanjut Bamsoet.

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga mengaku meminta Komisi I DPR RI meminta penjelasan dari Kemenkominfo terkait kekhawatiran masyarakat terhadap kemungkinan disalahgunakannya kedua data tersebut. “Meminta Komisi I DPR memanggil Kemenkominfo untuk menjelaskan kebijakan tersebut, mengingat NIK dan Nomor KK merupakan data pribadi dan dikhawatirkan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” ujar Bamsoet.

Menurut Bamsoet, Kemenkominfo juga harus menjelaskan cara pengamanan data dasar masyarakat tersebut dari kemungkinan pihak-pihak yang ingin menyalahgunakannya. “Meminta Komisi I memanggil Kemenkominfo guna menjelaskan sistem keamanan yang dipakai serta menjamin agar tidak terjadi penyalahgunaan NIK dan nomor KK para pengguna seluler,” kata Bamsoet.   {007}.

Comments

comments