Lagi-Lagi Ketua DPR RI Minta Pemerintah Evaluasi Semua Proyek Infrastruktur

Bambang Soesatyo (kemeja putih).

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali meminta pemerintah agar mengevaluasi semua proyek infrastruktur. Hal tersebut tidak lepas dari kasus kecelakaan yang terjadi pada proyek infrastruktur itu sendiri.

“Meminta Komisi V DPR mendorong Pemerintah mengevaluasi semua proyek infrastruktur secara menyeluruh dengan mengecek Standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Keberlanjutan, mengingat selalu ada korban terkait insiden tersebut,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Selasa, (20/3) terkait insiden kecelakaan kerja yang kembali terjadi pada proyek pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pasar Rumput, yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa (18/3).

Tidak hanya evaluasi, Bamsoet juga meminta pemerintah melakukan investigasi terhadap kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada berbagai proyek infrastruk di republik ini.

“Meminta Komisi V DPR mendorong Pemerintah untuk melakukan investigasi dan mengevaluasi proyek-proyek infrastruktur yang pengerjaannya dipercepat, namun mengabaikan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3),” lanjut Bamsoet.

Terhadap prosedur kerja proyek infrastruktur, Bamsoet juga memandang perlu dilakukan evaluasi agar kecelakaan kerja tidak terulang kembali. “Meminta Komisi V DPR mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Komite Keselamatan Konstruksi dan Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4I) mengevaluasi prosedur kerja dan keselamatan pada sejumlah proyek strategis dan proyek dengan resiko tinggi lainnya,” katanya.

Tidak bosan-bosannya, Bamsoet juga meminta Polri pengusut tuntas kasus tersebut. “Meminta Komisi III DPR mendorong Kepolisian untuk menyelidiki dugaan adanya pelanggaran prosedur operasi standar dalam pengerjaan proyek tersebut, mengingat sudah dua kali besi proyek Rusunawa Pasar Rumput jatuh dan menimpa warga yang berada di sekitar,” ujarnya.   {007}.

Comments

comments