PLN Didorong Capai Rasio 99 Persen Elektrifikasi hingga Akhir 2019

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta agar Perusahan Listrik Negara (PLN) berkomitmen merealisasikan elektrifikasi hingga 99 persen pada akhir tahun 2019.

“Meminta Komisi VII DPR mendorong PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk berkomitmen dalam mencapai 99% rasio elektrifikasi pada akhir tahun 2019,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (26/3).

Hal tersebut dikatakan Bamsoet berkait masih banyaknya desa-desa di seluruh republik ini yang belum juga mendapat aliran listrik. “Terkait 2510 desa di seluruh Indonesia yang masih belum mendapat akses listrik,” lanjut Bamsoet.

Menurut Bamsoet, PLN harus mengetahui secara pasti seberapa jauh aliran listrik yang sudah diterima masyarakat republik ini.

“Meminta Komisi VII DPR mendorong PT PLN untuk melakukan pemetaan penggunaan listrik di seluruh Indonesia, agar listrik yang dialirkan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mengingat selama ini masih banyak daya listrik yang belum termanfaatkan karena kebutuhan listrik masyarakat lebih kecil,” ujar Bamsoet.

Bamsoet juga berharap agar pemerintah tidak dulu menaikkan tarif dasar listrik hingga akhir tahun 2019. “Meminta Pemerintah untuk berkomitmen agar tidak ada kenaikan listrik hingga Desember 2019, mengingat penyediaan listrik yang cukup, merata, dan harga terjangkau menjadi fokus utama Pemerintah,” himbau Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga mendesak pemerintahan Jokowi-JK untuk segera merealisasikan pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35,000 MW. “Mendesak Pemerintah untuk mempercepat realisasi pembangunan pembangkit listrik 35000 MW (saat ini baru tercapai 3,8 persen dari rencana target Pemerintah sampai akhir tahun 2019),” desak Bamsoet.   {007}.

Comments

comments