Ketua DPR RI: Monitor Ormas Tercatat!!!

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong lembaga negara terkait agar memonitor dan mengkaji Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang tercatat pada Kementerian Dalam Negeri. Hal tersebut ditujukan agar keberadaan mereka tetap berada pada koridor yang benar.

“Meminta Komisi I DPR, Komisi II DPR RI dan Komisi III DPR RI mendorong Badan Intelijen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kepolisian, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk melakukan koordinasi dan kajian terpadu guna memonitor Ormas yang tercatat, agar dapat dipastikan ormas-ormas tersebut tidak melanggar prinsip-prinsip yang dijamin dalam konstitusi,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Kamis, (17/5).

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga meminta BIN melakukan deteksi dini terhadap pergerakan ormas-ormas yang memiliki pemahaman menyimpang, termasuk di daerah-daerah.

“Meminta BIN untuk melakukan koordinasi dengan KABINDA (Kepala BIN Daerah) untuk melakukan pendeteksian dini terhadap pergerakan ormas-ormas yang berpaham radikalisme dan intoleransi, serta potensi gangguan terhadap isu SARA,” pinta Bamsoet.

Tiga pasukan elit yang dimiliki TNI diminta Bamsoet untuk ikut serta menjaga ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari upaya asing dengan tujuan merusak. “Meminta TNI (Sat-81 Gultor Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Satbravo 90 Korphaskas TNI AU) untuk menjaga ideologi dan keutuhan NKRI terhadap infiltrasi budaya luar dan paham ideologi asing (ISIS),” lanjut Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga meminta Kapolri agar meningkatkan kinerja Densus 88 dalam antisipasi dan identifikasi ancaman teror. “Meminta Kapolri untuk meningkatkan kinerja Detasemen Khusus (Densus) 88 dalam mengantisipasi dan mengidentifikasi pergerakan serta ancaman terorisme,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments