Pemimpin Setempat yang Bikin Rakyat Papua Belum Sejahtera

Jimmy Demianus Ijie.

ANGGOTA DPR RI asal Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie menegaskan bahwa belum tercapainya kesejahteraan di Papua disebabkan prilaku pemimpin setempat yang tidak berkomitmen kerakyatan.

“Yang membuat belum sejahteranya rakyat Papua hingga saat ini itu terletak pada pemimpinnya. Ya gubernur, ya bupati, ya walikota,” kata Jimmy saat dihubungi, Jumat, (25/5) petang.

Dijelaskan Jimmy, pemerintah pusat telah memberikan perhatian yang sangat besar bagi rakyat Papua. Hal itu dibuktikan dengan triliunan uang APBN yang disalurkan melalui dana Otsus bagi Papua.

“Jangan salahkan pemerintah pusat. Pemerintah pusat sudah memberikan dukungan melalui alokasi anggaran yang sangat berpihak. Melalui dana otonomi khusus,” jelas Jimmy.

Apalagi, sambung Jimmy, pemerintah pusat telah memberikan kesempatan kepada Papua untuk mengurus dirinya sendiri. Hal tersebut dibuktikan pula dengan memberikan kesempatan kepada rakyat Papua untuk dipimpin oleh warganya sendiri.

“Negara sudah memfalisitasi itu. Rakyat Papua dipimpin oleh gubernur, bupati, maupun walikota dari Papua sendiri,” sambung Jimmy.

Untuk itu, Jimmy mengaku heran dengan adanya penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan penggunaan anggaran, termasuk dana Otsus dari pihak terkait kepada pemerintahan di Papua.

“Yang saya sesalkan adalah adanya pemberian WTP kepada daerah di Papua. Yang mana dengan adanya dana Otsus itu tadi tidak memberikan perbaikan mutu kehidupan orang Papua. Harusnya diperiksa fisiknya. Jangan hanya laporan kertas di atas meja saja,” aku Jimmy heran.

Apalagi, menurut Jimmy, kesejahteraan itu bukanlah pemberian yang tiba-tiba turun dari langi. “Kesejahteraan itu bukan pemberian. Kita harus bekerja untuk sejahtera. Harus diupayakan. Diri kita yang harus berusaha,” tegas Jimmy.   {007}.

Comments

comments