Pimpinan DPR RI Ini Minta Tercecernya E-KTP Diusut Tuntas

E-KTP.

PIMPINAN DPR RI, Fahri Hamzah mengatakan bahwa kasus tercecernya E-KTP harus diusut secara tuntas. Hal tersebut akan memberikan penjelasan yang tuntas bagi seluruh warga masyarakat di republik ini. “Pemerintah harus segera melakukan investigasi menyeluruh atas kasus itu,” kata Fahri saat dikonformasi melalui pesan elektronik, Rabu (30/5).

Menurut Fahri, aspek hukum semestinya sudah digunakan dalam menyikapi kasus tersebut. Peradilan akan menjadi wadah pembuktian apakah ada kesalahan atau tidak nantinya. “Nanti kalau sudah dikatakan aman, nyatanya ada kejadian lagi, nah ini orang harus dihukum. Sekarang pun sudah harus dihukum mestinya, dengan keteledorannya itu,” lanjut Fahri.

Sebab, sambung Fahri, ada kekhawatir ribuan keping KTP tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. “Lebih ekstrimnya lagi, KTP-KTP itu bisa dijadikan oleh terorisme untuk membuat akun-akun palsu dan juga untuk dipakai dalam  berkomunkasi ilegal,” ucapnya.

Sebelumnya, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, temuan dua dus e-KTP di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor merupakan e-KTP yang sudah rusak. Dari pelacakan Kemendagri, e-KTP tersebut diambil dari gudang penyimpanan sementara di Pasar Minggu.

Sebelumnya warga di Simpang Salabenda, Desa Parakansalak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor menemukan dus isi e-KTP yang jatuh tercecer di tengah jalan raya. Diduga e-KTP yangjumlahnya ratusan hingga ribuan tersebut jatuh dari truk yang mengangkutnya.   {007}.

Comments

comments