Sekjen DPR RI Baru Harus Komitmen Ciptakan WBK dan WBBM

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa Sekertaris Jenderal (Sekjen) yang baru, Indra Iskandar harus memiliki komitmen terciptanya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Sekretaris Jenderal DPR RI juga perlu mengimplementasikan secara lebih nyata  zona integritas di lingkungan kerja Sekretariat Jenderal DPR RI. Harus ada komitmen dari Saudara untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Selasa, (22/5).

Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh Sekjen baru DPR RI itu adalah dengan cara sinergitas termasuk dengan inspektorat. “Sinergitas antara Sekretariat Jenderal DPR RI dengan Inspektorat Utama perlu terus ditingkatkan, agar WBK dan WBBM di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI dapat benar-benar terwujud,” lanjut Bamsoet.

Tidak hanya itu, Bamsoet juga meminta Indra Iskandar mampu mempertahankan kebiasaan yang telah dijalankan di lembaga parlemen itu terkait pelaporan penggunaan uang rakyat. “Selain itu, secara khusus saya meminta Saudara Indra Iskandar untuk dapat mempertahankan tradisi yang telah dimulai sejak tahun 2009 dalam hal penyelenggaraan administrasi keuangan dengan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas audit laporan keuangan dari BPK RI, harus terus dipertahakan pada tahun-tahun berikutnya,” sambung Bamsoet.

“Upaya strategis bagi terwujudnya parlemen modern pada lembaga perwakilan rakyat harus dapat dipercepat. Kegiatan komunikasi publik, baik langsung atau melalui media seperti TV dan Radio Parlemen termasuk juga media sosial DPR RI, harus terus ditingkatkan secara berkualitas. Terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi di Setjen DPR RI secara berkelanjutan, Sekretaris Jenderal DPR RI perlu memiliki komitmen dan kegiatan yang lebih fokus untuk memperbaiki indeks kualitas pelayanan dalam layanan persidangan kepada DPR RI,” tegas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments