Kabulog Jamin Beras Tidak Berkualitas Didisposal

Budi Waseso (keempat kanan).

KEPALA Bulog, Budi Waseso mengatakan bahwa pihaknya menjamin beras yang berkualitas tidak baik akan dimusnahkan. “Yang tidak layak akan didisposal oleh Bulog,” kata Budi Waseso dalam pesan singkatnya kepada Reportase Republik, Jumat, (29/6).

Tidak hanya itu, Budi Waseso juga menjamin pihaknya tidak akan mengedarkan beras-beras tersebut kepada masyarakat. Tentunya langkah tersebut ditujukan agar masyarakat yang mengkonsumsi beras Bulog hanya berasal dari kualitas baik. “Tidak akan diedarkan,” kata Budi Waseso singkat.

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk secepatnya mengeluarkan beras-beras berkualitas rendah dari gudang penyimpanan. Beras-beras tersebut disarankannya dapat dipergunakan sebagai bahan pakan ternak.

“Terkait hasil evaluasi Perum Bulog yang menemukan 200 ribu ton beras kualitas rendah yang tersimpan selama 1,5 tahun di gudang untuk dijual kembali oleh oknum bulog dan mafia beras dengan mencampur beras lokal, meminta Komisi IV DPR mendorong Perum Bulog untuk segera mengeluarkan beras tersebut (disposal) dari gudang serta melakukan negosiasi dengan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak untuk memanfaatkan beras tersebut menjadi pakan ternak,” kata Bamsoet dalam siaran persnya, Kamis, (28/6).

Meskipun, kajian dinilai Bamsoet tetap harus dilakukan Bulog sebelum beras-beras tersebut benar-benar dikeluarkan dari tempat penyimpanan selama ini. “Meminta Komisi IV DPR mendorong Perum Bulog untuk melakukan kajian sebelum melakukan disposal terhadap cadangan beras pemerintah (CBP) yang berusia lebih dari empat bulan, terutama terkait pengolahan beras yang sudah didisposal dan beras berusia lebih dari empat bulan yang sudah didistribusikan ke pasar,” lanjut Bamsoet.   {007}.

Comments

comments