Ketua DPR RI Dorong Polri dan BSSN Segera Temukan Peretas IT KPU

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) secepatnya menemukan pelaku peretasan sistem informasi teknologi (IT)milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Meminta Komisi I DPR dan Komisi III DPR mendorong Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kepolisian RI (Cyber Crime Polri) untuk segera menemukan pelaku peretas sistem informasi milik KPU,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (4/7).

Sedangkan KPU, menurut Bamsoet, harus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem IT yang mereka gunakan selama ini. Diharapkan portal publikasi yang diretas dapat segera difungsikan kembali.

“Meminta Komisi II DPR mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan penjelasan terkait sistem informasi KPU yang diretas dan melakukan evaluasi secara menyeluruh, serta mencari solusi atas masalah tersebut dan segera melakukan perbaikan sehingga portal publikasi Pilkada dan Pemilu milik KPU dapat diakses kembali oleh masyarakat,” lanjut Bamsoet.

KPU juga disarankan melakukan koordinasi dengan kementerian tekait untuk mengambil langkah selanjutnya. “Meminta Komisi I DPR dan Komisi II DPR mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika  (Kemenkominfo) berkoordinasi dengan KPU terkait masalah peretasan portal publikasi Pilkada dan Pemilu milik KPU,” ujar Bamsoet.

“Meminta Komisi II DPR mendorong KPU untuk mengantisipasi terjadinya kembali peretasan sistem informasi pada Pemilu 2019, mengingat kejadian ini dapat menimbulkan kesimpangsiuran data hasil perhitungan suara sehingga dapat memicu keresahan di masyarakat,” tulis Bamsoet.   {007}.

Comments

comments