Ketua DPR RI: Kemendikbud Jangan Hanya Fokus Benahi Peraturan

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan bahwa hanya fokus membenahi berbagai bentuk peraturan semata. Pembenahan kualitas tenaga pendidik memiliki porsi yang sama untuk juga dibenahi.

“Meminta Komisi X DPR mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk tidak hanya berfokus kepada pembenahan peraturan, tetapi juga melakukan pembenahan kualitas guru di Indonesia dengan memberikan lisensi atau sertifikasi mengajar kepada para guru secara profesional, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (18/7).

“Meminta Komisi X DPR mendorong Kemendikbud bersama dengan BSNP untuk memberikan penyuluhan mengenai delapan (8) standar mutu pendidikan kepada para pengajar/guru, agar para pelaku pendidikan dapat mengenal dan memahami secara keseluruhan indikator standar mutu pendidikan,” sambung Bamsoet.

Bamsoet juga menghimbau sekolah-sekolah mengevaluasi standar mutu pendidikan secar menyeluruh, termasuk terhadap kekurangan-kekurangan yang ada pada masing-masing lembaga pendidikan itu sendiri.

“Meminta Komisi X DPR mendorong Kemendikbud untuk mengimbau kepada sekolah-sekolah agar melakukan evaluasi standar mutu pendidikan secara menyeluruh, termasuk evaluasi mengenai kekurangan dalam menjalankan standar mutu pendidikan, guna pencapaian pendidikan yang lebih baik,” himbau Bamsoet.

“Meminta Komisi X DPR mendorong Kemendikbud untuk dapat meningkatkan manajemen di lingkungan sekolah dan melakukan rekrutmen guru sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta mengkoordinasikan dengan Kementerian terkait dalam penggunaan anggaran pendidikan sebesar 20% secara maksimal dan tepat sasaran,” tegas Bamsoet.

8 Standar mutu pendidikan tersebut menurut Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 meliputi: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan.   {007}.

Comments

comments